Sensasi Mancing Negeg Baronang di Madura

Bercerita tentang mancing memang tidak akan ada habisnya, karena hobi mengail ikan ini memang sangat mengasyikan. Salah satu pengalaman mancing saya kali ini adalah mancing baronang, golongan ikan rabbit fish yang amat sangat seru sensasinya bila dipancing dengan tegeg.

Nyoba negeg Baronang
Berangkat dari Surabaya jam 03.00 dinihari, saya dan teman-teman lainnya memulai perjalanan menuju sebuah spot pemecah ombak di daerah Madura. Sepanjang perjalanan masing-masing dari kita pasti sudah merindukan getaran strike dari Baronang tsb. Memang sebelumnya kita juga pernah sama-sama ke spot tsb tetapi dengan niat awal bukan utk negeg baronang, melainkan casting dan fly fishing.

Sampai di spot sekitar jam 5.30, masing-masing dari kita langsung set tackle dan umpan. Saya hanya membawa 1 buah tegeg dan umpan ote". Cukup lama juga menunggu rabbit fish itu berkumpul, akhirnya terdengar juga kegirangan salah seorang teman saya yang strike baronang di ujung dermaga. Baronang sudah mulai berkumpul, angler-nya pun sontak berkumpul. Tegeg pun satu-persatu di parkir saling bersebelahan, setiap kawan saya dapat satu baronang, langsung posisinya bergeser ke belakang,, hehehe maklum, pada berebutan.

Rupanya baronang pada trip kali ukurannya lumayan menyusut, mungkin sedang tidak musimnya. Tetapi beberapa dari teman saya ada juga yang mendapatkan baronang tompel, ukurannya lumayan besar. Rata-rata yang masuk dalam coolbox adalah baronang yang berukuran kecil atau biasa disebut baron lingkis.


Ada yang unik di trip kali ini, karena bukan hanya baronang saja yang kecantol, tetapi beragam jenis ikan 'hias' penghuni karangan ikut memakan umpan di kail kita. 


Ketika jam sudah menunjukkan pukul 10, akhirnya satu persatu dari kami menyudahi sesi mancing negeg baronang ini. Satu coolbox ukuran sedang yang dipakai beramai-ramai sudah terisi penuh. Ok, time is up, and fish are enough. 

Lumayan perolehan negeg baronang-nya
Pindah lokasi ke indomart terdekat sambil minum yang dingin-dingin, kami mengobrol keseruan sesi mancing kami barusan. Tidak lupa pembagian ikan baronang yang ingin membawa pulang. Saya sendiri membawa pulang 6 ekor, untuk di gado di rumah dengan cara dibakar. Memang Baronang itu selain asyik dipancing juga sangat nikmat untuk disantap.
Previous
Next Post »
4 Komentar
avatar

mantao mas brow enak jg kayaknya berburu baronang di di madura tanpa harus berendem...jadi pengen ke madura ni...

Balas
avatar

Maaf, mas. Kalau boleh tahu, spotnya di daerah mana ya tepatnya?

Balas
avatar

spotnya gk jauh kok mas dari hiruk pikuk madura . dan kalo momenya pas predator bakalan bertebaran .

Balas
avatar

Lmy jauh jarak tempuh ...
Dimana lokasinya...
Lumayan buat kembali ke Laut lg stlh 10thn ga prnh mancing...
Bagi spot2nya ...please...

Balas