Kolam CnR Rawakalong Casting Ground (RCG)

Pengalaman mancing saya kian bertambah dengan berkunjung ke sebuah lokasi pemancingan yang alami bernama Rawakalong Casting Ground atau biasa disebut RCG. Mengambil lokasi di kawasan terpencil, Gunung Sindur, Rawakalong Casting Ground mengusung konsep mancing casting dan sistem Catch n Release / CnR.

Mancing CnR di Rawakalong Casting Ground

Banyaknya kolam dan jenis spesies ikan yang ada di Rawakalong Casting Ground membuat tempat ini menjadi tujuan utama para castinger atau penggiat Fly Fishing. Sebut saja ikan se-langka ( Di Jakarta yaa) Toman, Gabus, Aligator, Bawal, Lele Jumbo dan Patin Super dilepas bebas dalam jumlah yang cukup banyak. Memancing di RCG memang umumnya menggunakan teknik casting dan fly fishing, tapi bukan berarti tidak boleh menggunakan umpan pelet, pemilik kolam membolehkan tapi dalam jumlah yang dibatasi dan khususnya hanya di kolam patin/bawal.

Suasana Mancing Di RCG

Saya sudah berulang kali datang ke RCG. Kali kesempatan pertama saya memancing bersama kawan saya, Rio (dari Rio juga saya tau RCG) saya langsung diserbu oleh banyaknya strike ikan patin dan bawal ukuran Galatama (minimal 3kg'an). Kedatangan kedua, ketiga dan keempat sampai yang terakhir sebelum saya pindah domisili ke Surabaya, saya masih juga tidak bosan memancing di RCG. Meskipun saya tidak pernah beruntung kalau menggunakan teknik casting, tapi saya selalu puas 'melatih' skill saya dengan bertanding melawan penghuni kolam RCG hanya berbekal set light tackle (rod 8-17lbs dan reel 3000).

Uniknya, ketika saya datang sendirian ke RCG, saya serasa mendapatkan keberuntungan saya sendiri dengan berhasil strike lele Jumbo (yang biasanya jarang saya strike lele) dan patin Albino. Tarikan ikan di RCG memang liar-liar, mungkin karena ukuran kolam yang cukup luas dan kedalaman kolam yang cukup dalam memungkinkan ikan melawan dengan galak. Bawal ukuran 1kg'an yang belum lama dimasukkan oleh Om Balang sang empunya RCG pun bisa-bisa memberikan perlawanan yang gesit. Joran lentur saya dibuat getar cetar membahana kesana kemari ditarik bawal rame disitu.

Strike Lele Jumbo


Strike Patin Albino

Peraturan yang diterapkan di Rawakalong Casting Ground hampir sama seperti umumnya kolam CnR, yaitu harus menggunakan barbless hook alias marit kail harus ditumpulkan, gunanya biar release kailnya gampang dan ikan tidak luka terlalu parah. Lainnya lagi tidak boleh menggunakan Deho, pelet 781 saja sudah cukup untuk mendapatkan strike rate yang banyak, karena penggunaan Deho bisa menyebabkan ikan-ikan di RCG akan menjadi 'pemilih makanan',,repot nanti jadinya kalau ikan susah makan. Lainnya lagi, yah kita cukup membayar tiket CnR sebesar 100rb dengan durasi waktu tidak terbatas / seharian,, umumnya yang datang untuk casting toman/gabus sudah dipersilahkan masuk bisa dari jam 5, tapi dengan ketentuan janjian dulu dengan om Balang-nya. Kalau waktu tutupnya, yah kalau sudah gelap harus usai sesi mancingnya, maklum, ga ada lampu malemnya! hehehehe

Kolam Casting dan CnR Rawakalong Casting Ground

All around mancing d Rawakalong Casting Ground menjadi momen tidak terlupakan bagi saya pribadi. Disanalah saya bisa memancing sepuasnya dengan strike ikan sepuasnya juga. Untuk yang penasaran seperti apa suasana strikenya, bisa lihat di Video yang sudah saya dan teman saya unggah di youtube.

http://www.youtube.com/watch?v=oEee44D19Kg
dan
http://www.youtube.com/watch?v=IcGVK59YD4E



Puas Strike Patin

Sesi mancing sama temen kantor di RCG

Mancing RCG Mantaaaappp

Mancing Patin,, Mantaaapp

Patin lagi

Suasana Mancing di RCG

Mancing DI rcg

Previous
Next Post »
9 Komentar
avatar

mantap...bro ....

jiah...jadi skrg ud ga k rcg lg donk nie....

gempur spot surabaya bro...hehehehehe

Balas
avatar

Widih,,, sang master unjuk taring heheheheh....

Balas
avatar

@devid,, iya om,udah ga ke rcg lagi,,soale udah pindah ke surabaya,, bakalan ngangenin rcg sih nih,, :D

@rio, wkwkwkwk master apaan,, master pelet??? -_-

Balas
avatar

Lihat lokasi dan sensasi mancingnya diacara mancing mania oke juga nih tempat..
"Verry nice and Recomended place broo.."

Balas
avatar

Lihat lokasi dan sensasi mancingnya diacara mancing mania oke juga nih tempat..
"Verry nice and Recomended place broo.."

Balas
avatar

jirrr.. mao jajal jadinya

Balas
avatar

Ada info utk mancing kiloan gak...?? Utk mujair/nila ato gurame yg di deket2 keradenan cibinong

Balas
avatar

Ada info utk mancing kiloan gak...?? Utk mujair/nila ato gurame yg di deket2 keradenan cibinong

Balas
avatar

Ikannya kaga boleh di bawa ya...

Balas