Belajar Jigging di Bali

Dari sekian banyak teknik memancing rupanya hanya teknik casting dan jigging yang membuat pikiran saya teracuni. Meskipun sebenarnya fisik tubuh ini kurang mumpuni buat meladeni aktifitas sport fishing, tetapi saya amat penasaran untuk kedua teknik mancing tsb.

Sampai akhirnya pada hari Minggu kemarin saya tuntaskan pengalaman pertama saya dengan mencoba jigging di perairan pulau Dewata. Terbilang nekat memang, mengingat tackle yang saya pegang sebatas 30lbs  (PE-3) dan bukan tackle yang bermerk mahal.

Minggu, 19 April 2013
Landing di Ngurah Rai pukul 9 pagi, saya bergegas check in ke Tune Hotel di daerah Kuta. Dengan modal transport ojek saja, saya bertolak dari hotel ke daerah Gianyar Ketewel dan sampai di spot mancing pukul 1 siang. Bertemu dengan grup mancing dari Bali, saya ditemani dan diajarkan bagaimana untuk memulai belajar teknik jigging. Mulai dari piranti yang dibutuhkan sampai dengan metal jig yang harus digunakan.

Karena arus yang sedang jelek, akhirnya kami baru bisa berangkat tepat pukul 4 sore. Dengan menggunakan jukung kecil bermesin motor, tujuan kami yang pertama adalah spot jigging berkedalaman hampir 100m. Spotnya ga jauh dari bibir pantai, terlihat nusa penida di seberang sana. Arus yang masih lumayan kuat memaksa kami menurunkan jig seberat 250gr. Wah, rasanya pegal bro, apalagi action joran PE-3 saya rasanya kurang menunjang menahan berat jig 250gr tsb.

Spot mancing Jigging di Bali
Saya sempat menjajal tackle overhead milik teman saya, wah, rasanya memang berat, tapi ketika digunakan untuk mengocok jig malah lebih ringan daripada tackle spinning yang saya pakai. Sempat ada yg menyangkut tp ternyata tidak hook up,, pas dilihat bekasnya ternyata seperti sambaran baracuda,,

Akhirnya kami putuskan pindah spot kedua, agak ke tengah tp masih tidak terlalu jauh, kembali kami menurunkan jig. Tetapi di spot yang kedua juga jig blm ada yg nyambar,, cuma metal jig punya temen hilang assist hook-nya satu,,

Karena capek, saya putusin mancing dasaran saja, iseng" saya coba pakai jig merk Sebile yg tipe vibra jig, berat 85gr,, spotnya sudah pindah ke pinggir. Jig-nya saya mainkan naik turun, naik turun,, sampai akhirnya momen sambaran telak datang, rod melengkung dahsyat, entah ikan apa, tapi PE3 saya putus dengan sukses. Akhirnya trip diselesaikan karena jam sudah menunjukkan pukul 7 kurang (sunset).

Selasa, 16 maret, karena masih kurang puas mancing, akhirnya saya putuskan mancing lagi, tapi dasaran saja, karena waktunya mepet, nyuri waktu kerja. berangkat jam setengah 6 pagi ke Serangan, ketemu pak wayan (info dari om roonald), langsung berangkat, barengan sama arus surut,lumayan kenceng ombaknya. Langit keliatan mendung, tapi masih ada matahari muncul, saya pikir ga apa-apa. Sampai akhirnya pas sampai di spot dasaran angin bener-bener jadi kenceng dan mendung tambah gelap. wah hujan,, tapi karena baru sampai akhirnya tetep nekat turunin dasaran sambil kepala puyeng krn pagi" udah goyang-goyang.

Naik beberapa ekor kerapu, lumayan ukurannya, 1kg-1.5kg'an,, bikin kepala jadi ga pusing lagi krn keasyikan mancing,, tp kok tambah lama tambah kenceng ombaknya,,  pindah ke spot lainnya, tetep kenceng juga, sampe akhirnya krn saya pusing tiduran lah itu,, eh ternyata salah, gara" tiduran langsung naik tuh hasrat buat muntah,, sukses muntah pagi",, karena hujan akhirnya saya putusin kelar saja mancingnya dan kebetulan udah jam setengah 9, sudah waktunya berangkat kerja. Lumayan mancing cuma 1 jam dapat kerapu 5 ekor dan beberapa ekor ikan dasaran lainnya. Dibandingin kalau mancing di p1000, dapat kerapu aja susyaahh,, hehehe

overall,, lumayan terpuaskan hati ini mencoba mancing di perairan bali, meskipun terbilang nekat karena ga punya modal tackle apa-apa,,lain waktu bakal mancing lagi,, budget sewa jukung pun terbilang murah, cuma memang ternyata pirantinya mesti kudu disesuaikan lagi,, hehehe

klo saya pikir, sebenernya bisa kok diniatin ngetrip mancing ke bali, tinggal cari tiket promo, hotel murah banyak, sewa jukung murah (jukung yg di serangan itu lumayan besar, muat 4-5 orang), spot mancing banyak dan ga terlalu perlu banyak waktu krn spotnya ga terlalu jauh,,yg paranoid mancing malem seperti saya pun akhirnya bisa juga mancing puas seharian,,