Reel Pioneer Altitude Prestige : Minoritas tapi berkualitas!

Bagi seorang hobiest mancing dengan budget berbelanja tackle yang terbatas seperti saya, sudah wajib hukumnya pintar-pintar memilih tackle yang akan dibeli. Seperti saat saya memutuskan memboyong sebuah reel bermerk Pioneer dengan tipe Pioneer Altitude 5000. Reel yang rada minoritas ini lumayan dapat cemoohan dari teman-teman saya pas mereka tahu saya memilih reel tsb.Tapi kini saya malah bangga dan makin senang mengeksplore reel ini dan menemukan kelebihan yang tidak diduga dari reel minoritas ini.

Reel Pioneer Altitude Prestige
Awal mulanya saya memilih reel Pioneer Altitude sebenarnya juga tidak sembarang, saya sudah browsing kesana-kemari, dan mendapatkan kenyakinan setelah mengetahui bahwa merk Pioneer pun bisa sukses dengan reel Perfect Cast-nya. Lantaran saya sudah seringkali melihat dan menggenggam reel ini secara langsung di salah satu toko pancing, maka saya pilihlah ukuran 5000-nya Pioneer Altitude dengan pertimbangan ukurannya tidak terlalu besar sekali, tidak berat, dan memang saya peruntukan untuk mancing dasaran dan belajar light jigging.

Rupanya pilihannya tidak benar-benar salah (kalau tidak mau dibilang tepat,hehehe), ketika reel ini saya bedah/bongkar, saya menemukan fakta yang tidak ada di dalam spek yang tercantum di dus-nya sekalipun, yaitu ternyata reel ini sudah mengusung drag washer carbontex!! tidak full carbontex memang, tapi masih berselang-seling dengan felt washer, tapi justru hal itu positif, mengingat produsen reel ini mencantumkan angka max drag 8 KG yang notabene saya rasa sangat masuk akal dengan hasil penemuan saya membongkar reel yang baru saya beli tsb.

Drag washer sudah mengusung Carbontex
Fakta lainnya, bagian mainshaft reel Pioneer Altitude ternyata sangat tebal dan kokoh. Ada sebuah bearing yang ditanam disana, dan di bagian drive gear terlihat penempatan gear yang simple dan pinion gear dari brass. 


Reel yang sudah mengusung power handle ini juga mempunyai bail arm yang saya rasa cukup kokoh dan sudah menempatkan line roller sebagai jalan pemulus line PE yang sudah diperbolehkan masuk dalam spool-nya. Yap, spool pioneer Altitude memang sudah Though Water (Salt) Series, artinya lebih tahan korosi dibanding spool dengan berbahan alumunium biasa.

Saya baru 3x menurunkan reel ini langsung di laut, yang paling berkesan ketika saya pakai untuk menurunkan metal jig seberat 250gr.Dengan setelan drag 2/3 sebelum full, saya menggulung dan menggenggam handle dengan cukup ringan. Tidak terasa berat disana, justru bagian yang terberat dibagian pangkal tangan yang menahan beban rod, hehehhee.

All around, saya cukup puas dengan reel ini. Dengan harga minoritas, saya cukup mendapatkan kualitas disana. Oh iya, saya rasa reel ini cocok untuk light jigging, bottom fishing, landbase fishing (tapi pakai yg ukuran 8000-nya ya). Untuk lebih lengkapnya, silahkan melihat gambar bagian dalam dari reel Pioneer Altitude ini dan juga spesifikasinya. 


(Aluminium Body)
Easy Cast Anodized Aluminium Spool, Aluminium Power Handle with Power Handle Knob, Machine-Cut Brass Pinion Gear, Heavy Duty Machine-Cut Main Drive Gear, Heavy Duty Micro Sensitive Multi-Disc Drag System
Model No:Gear RatioLine Capacity (mm-m)Max Drag (kg)
ALT-50004.9:10.35-150
0.40-120
8
ALT-60004.9:10.35-150
0.40-120
8
ALT-70004.9:10.40-23010
ALT-80004.9:10.40-280
0.45-240
14
ALT-90004.9:10.45-38014
 
Previous
Next Post »
14 Komentar
avatar

Ada baiknya sebelum PE masuk spoolnya di olesin gemuk dulu tuh, mengingat spool pioneer agak rentan korosi.

By :
Mancing bareng RioVinh.

Balas
avatar

Boleh tau bos di mana sy dapat membeli rell tersebut ......thx sebelum nya

Balas
avatar

lumayan mas dari segi harga cukup lah kalau buat reel segitu...udah test pakai yang 5000 buat bottom fishing...keunggulan untuk main shaftnya cukup kokoh,terdapat seal pada drag knop,bearing nya dah cukup bagus ada sealnya..baru nyoba 3x walau rada bimbang pas d bail armnya rada kendor apa emang dbuat gitu?kurang persisi.....ada back less pada gigi pinion sama drive gearnya jadi seperti ada jeda,padahal sudah one way clutch,tapi g terlalu besar...kmrn buat narik ikan lumayan sip...tp belum pernah set drag knop sampai mati jd belum pernah paksa max dragnya brp...masalah belum dapet babonnya yang tarikan sip...pada intinya puas untuk mendapatkan reel ini....

Balas
avatar

Makasih bnyak mas edwin utk tambahan reviewnya. Iya bail arm memang rada kendor,sy sempat tanya memang bgitu,biar pas strike ga trlalu kebeban di bail arm.
Tambahan : drag-nya smooth.
Worth bgt dgn harganya. Sangat sip utk harga segitu (ukuran 5000 harganya 550rb).

Balas
avatar

gua pake pioner altitute 6000 pernah buat narik barakuda 8kg ama gt ukuran 4kg itu kupake di pulau jemur gtnya 7ekor kunaikkan

Balas
avatar

gua pake pioner altitute 6000 pernah buat narik barakuda 8kg ama gt ukuran 4kg itu kupake di pulau jemur gtnya 7ekor kunaikkan

Balas
avatar

Buat surf fishing cocok gak rell merek ini om.?

Balas
avatar

Info di mana saya bisa dapat part Pioneer altitude prestiga 3000 ini no wa saya 02364309444 secepatnya

Balas
avatar

Info jual part Pioneer altitude prestiga 3000
Ini no wa 082364309444

Balas
avatar

Sperpat nx susah drive gear nya gk ada yg jual

Balas
avatar

Part altitude 8000 powerhendel ada info dmna yg jual online ni wa saya 085821449996

Balas
avatar

Di mana jual drag knob nya reel pioneer Altitude uk 5000 ya

Balas