Mancing Autis di Kolam Pancing Tirta Mas (TM) Kediri

Beginilah nasib seorang hobiest baru di dunia perpancingan, tiap akhir pekannya selalu diisi oleh kegiatan mancing. Mau mancing apa aja bebas, yang penting judule mancing, hehehhe. Nah, seperti pada akhir pekan kemarin saya habiskan dengan memancing sendirian seperti orang autis di sebuah kolam pemancingan di kota Kediri, namanya kolam Tirta Mas.

Mancing di Kolam Tirta Mas Kediri

Sistem mancing di kolam ini adalah CNR paket dan Kiloan. Untuk yang paket, kita diperkenankan menarik ikan sebebasnya dalam batas waktu 3 jam dengan biaya Rp.50rb. Sedangkan CNR kiloan kita baru akan membayar ketika mendapatkan ikan kemudian ditimbang, nah,bayarnya sesuai beratnya ikan, semisal ikan patin landed 7kg, berarti kita membayar 4rb x 7kg = 28rb. Seperti itulah. Sekilas kalau main CNR paketan lebih murah, tapi tidak juga, karena kalau paketan hanya diperkenankan 1 stick, sedangkan kalau kiloan bebas, boleh lebih dari stick. Dan kebetulan pada saat saya bertandang kesitu kolam baru saja dikuras, saya berinisiatif untuk kiloan saja karena ditakutkan ikan sedang susah dipancingnya.

Sebenarnya ini kali kedua saya ke TM,hanya saja kali ini bela"in dateng ke kediri sendirian, sambil touring naek motor dan sekalian mampir ke sebuah toko pancing 'online' buat beli joran baru + jig dan aneka rupa biar hemat ongkos kirim.

Tepat jam jam 12 siang saya sampai di Tirta Mas, langsung lapor mancing cnr kiloan dan pesan makan siang. Lihat keadaan kolam sebentar, langsung memutuskan pilih tempat di tengah dan set 2 joran. Saya pakai umpan dulu biar cepet ngerasain strike dan narget strike bawal master. Satu joran pakai umpan sosis+essen daging, satu joran lg pakai pelet. setengah jam ga ada yg nyomot umpan saya, cuma dimainin saja (kedut"an),,pindah ke pojok,,tinggal cuci tangan eh mendadak strike joran yang satu,tp ga lama mocel. Wahh,ikan penglaris saya berhasil kabur. Tidak berapa lama joran yang satu lg strike, tp ga berapa lama tiba-tiba kendor, ternyata putus di leader, emang ga dipakein neklin sih,,curiga saya ikan bawal yang menyambar.

 Karena boncos dengan memakai umpan, saya ganti teknik casting dengan softlure. Saya lempar ke pojok sisi lain tapi dipinggirnya, 3-5x lemparan ternyata strike juga, wah hoki ternyata casting abal"an saya,,hehehe,, ternyata red tail catfish lumayan gede yang landed,, wahh, akhirnya RTC pertama saya berhasil landed.
Strike pertama, Red Tail Catfish
Sekitar jam 3 hujan turun deras. karena gerah (belum strike lagi dan cuaca,hehehe) saya lepas baju, sambil komat-kamit nyuruh ikan makan umpan saya, hehehehe. Akhirnya saya ganti lure, kali ini pakai rapala rattlin, saya incar patin yang sedang asyik boiling di tengah kolam, hahaha, niat jahat saya ternyata berhasil, seekor patin berhasil kena pantatnya dan landed. Lumayan beratnya 5.8Kg. Akhirnya begitu seterusnya teknik saya sampe dapet 3 patin hasil nyangkut di pantat, hahaha

Patin hasil tusuk pantat, hehehe


Rattlin andalan buat incar patin, haahaha

Capek casting, saya ganti lagi pasang umpan di joran baru + reel baru yg merk-nya samaan (niat saya mau ngetes) ditinggal cuci tangan lagi eh caddy teriak joran kejebur,, sialaaaannn,, gemeteran saya, pucettt,, akhirnya dibantu caddy ngejangkarin tuh joran, dapet juga, eh ternyata ikan msh nyangkut,, karena kesel, langsung saya betot kenceng aje tuh ikan (sekalian ngetes reel + joran PE3 ) ga pake lama ikan minggir,, keplak dikit kepalanya krn udah bikin joran+reel baru saya kejebur.

Jam 5 hujan berhenti, beres", langsung pulang,, hati seneng, tangan pun pegel. All around sesi mancing autis saya di kolam Tirta Mas Kediri cukup menyenangkan, dan berakhir dengan strike 5 ikan ukuran cukup besar.

Ini nih yang bikin kejebur reel dan rod saya
 Note : saya ga berhasil strike bawal, krn bawal yg dibawah 5kg nya di karantina,,sisa bawal master tp sulitnya minta ampun tuh bawal dibujuk makan,,dicasting jg susah,,
Previous
Next Post »
0 Komentar